Bedanya lidah orang jawa dan orang sumatra soal makanan !

Setiap orang yang tinggal antar penduduk yang satu dengan yang lainnya pasti memiliki ciri khas tersendiri, tidak kalah uniknya adalah masalah soal kebiasaan lidah masyarakat dalam hal makanan. Lalu apa bedanya kebiasaan lidah orang Sumatra dan Jawa? Yuk simak....

1. Lidah orang sumatra lebih tahan pedas dari pada orang jawa.

Perbedaan yang pertama adalah soal ketahanan pedas. Menurut pengalaman saya, saya sudah terbiasa dengan masakan Sumatra karena memang saya dilahirkan di sana otomatis lidah saya terbiasa dengan masakan di sana. Pengalaman saya menunjukkan ketika saya makan satu meja dengan orang yang terbiasa dengan masakan jawa, ia cenderung tidak tahan pedas, apa yang dia rasakan tidak seperti apa yang saya rasakan, bahkan saya merasa makanan itu biasa saja alias tidak terlalu pedas bahkan biasa saja di lidah saya. Hehe

2. Masakan di Jawa cenderung manis

Ciri khas masakan di Jawa cenderung mengarah ke rasa manis. Ini berdasarkan pengalaman saya selama di Jawa. Kita bisa melihat dari berbagai olahan masakan yang tersebar di warung-warung yang ada, seperti tempe orak-arik, berbagai olahan masakan bacem, sampai tumis-tumisan juga ada unsur manisnya yang sedikit dominan. Dan beragam olahan masakan lainnya. Penasaran? Coba aja sendiri.. hehe

3. Masakan di Sumatra lebih asin

Berbagai olahan masakan di sumatra memang di kenal asin. Apalagi di daerah Pekan Baru atau sekitarnya yang mayoritas penduduknya suku Melayu, masakannya cenderung pekat asinnya. Kalau kamu belum terbiasa, mungkin kamu ga doyan.. hehe

4. Masakan di sumatra cenderung berlemak

Makanan berlemak memang menjadi makanan yang diidamkan bagi sebagian orang. Siapa sangka masakan di Sumatera cenderung kulinernya berlemak, iya.. contohnya aja seperti olahan masakan padang, mulai dari rendang daging sapi, daging ayam dan ikan serta beragam olahan lainnya. Penasaran? Coba aja sendiri hehe..

Itu dia, seputar fakta unik kebiasaan lidah orang Sumatra dan Jawa, tentu antara daerah yang lainnya juga berbeda dan beragam. Di manapun kamu tinggal pasti kamu akan mendapati keunikan di masing-masing tempat. Bangga menjadi Indonesia.... !!!

0 komentar: