Keunggulan pondok pesantren salafy

Mencetak generasi islami merupakan impian bagi semua orang tak terkecuali dari kalangan yang basic keluarganya dari kalangan ulama atau bukan. Namun hal itu tidaklah capai hanya dengan angan-angan semata, melainkan harus adanya upaya dari orang tua demi tercapainya tujuan tersebut.
Salah satu upaya yang harus diperhatikan oleh orang tua adalah wadah di mana anaknya akan dididik. Karena tidak semua pondok pesantren memiliki kualitas yang baik dalam arti lain berbeda tingkat kualitasnya.




Menurut pengalaman saya salah satu pondok pesantren yang benar-benar berusaha menerapkan ajaran Islam sesuai dengan Al-Qur'an dan Sunnah dengan pemahaman salaf (ulama terdahulu) serta menjaga kemurnian ajaran Islam dari awalnya adalah pondok pesantren salafy. Mengapa harus pondok pesantren salafy? Yukk simak alasannya..

1. Kitab yang di kaji ilmiah dan lengkap
Kitab yang dikaji di pondok salafy benar-benar jelas, di mulai dari siapa pengarangnya, judul kitabnya, jenis pembahasannya seperti apa, dan selalu menyertakan dalil.

2. Pengajar yang kompeten
Para pengajar di pondok salafy adalah guru yang kompeten, artinya mereka adalah pengajar yang sebelumnya telah benar-benar belajar dengan gurunya.

3. Sederhana tapi pasti
Pondok pesantren salafy terkesan sederhana dan tidak memberi kesan glamor dan suka menghambur-hamburkan harta, seperti mengadakan acara-acara yang sia-sia atau yang semisalnya, karena tujuan utama dari pendidikan di pondok pesantren salafy adalah mencetak generasi Islami yang mengenal dekat penciptanya.

4. Kelas santriwan dan santriwati di pisah
Jangan salah.. ini yang justru menjadi perbedaan yang sangat mencolok dengan  lembaga pendidikan lainnya. Di ponpes Salafy santriwan dan santriwati di pisah dan tidak boleh belajar satu ruangan, sehingga kasus santri Salafy berpacaran in syaa Allah tidak akan ditemukan.

5. Menentang keras tindakan terorisme
Siapa sangka ponpes salafy sangat mengecam tindakan teror dalam bentuk apa pun. Hal ini bisa kita temui dari pamplet kajian yang diselenggarakan oleh salafy. Kajian yang diselenggarakan bernuansa kecaman terhadap tindakan dan pelaku terorisme.

6. Sangat menjaga Sunnah
Selain unggul dalam hal materi, ponpes salafy juga dikenal sebagai ponpes yang menekankan santrinya untuk benar-benar menjaga sunnah. Penjagaan mereka terhadap sunnah bisa dilihat dari segi penampilannya seperti memelihara jenggot, celana di atas mata kaki, memakai jubah, memakai wewangian, memperhatikan adab dalam bermasyarakat dan sunnah-sunnah lainnya.

7. Yang belajar di ponpes salafy sholatnya tidak akan tinggal.
Menurut pemantauan saya, orang yang ngaji di salafy sangat menjaga perintah yang wajib, namun bukan berarti mereka ma'shum, tetapi secara umum untuk perkara agama yang sunnah di jaga maka sudah barang tentu yang wajib lebih di jaga.
8. Sangat menjaga prinsip ahlusunnah.

Ponpes salafy sangat memperhatikan prinsip-prinsip ahlusunnah, hal ini kita ketahui dari kitab-kitab yang di kaji isinya memuat prinsip-prinsip ahlusunnah yang di tetapkan oleh para nabi dan rasul yang juga ikut di amalkan oleh para sahabat nabi dan ulama setelahnya.

Dan tentu masih banyak lagi keunggulan ponpes salafy, semoga bermanfaat.

0 komentar: