Tips menghindari jerawat satu menjadi banyak tanpa biaya

Bagi semua orang memiliki wajah yang bersih adalah sebuah dambaan, disamping bersih, terlihat indah juga sebagai daya tarik penampilan seseorang.

Jerawat biasanya muncul di awal-awal masa pubertas. Ia akan muncul satu demi satu sesuai dengan sebab-sebab tertentu.

Nah ketika jerawat muncul satu, mungkin tidak menjadi masalah, tetapi kalau yang satu itu kemudian menyusul jerawat lainnya hingga memenuhi permukaan wajah? Tentu ini akan sangat mengganggu. Banyak orang yang menginginkan cara instan, namun malah justru berujung pada bertambah parahnya jerawat itu.

Nah itu dia sekilas tentang kondisi seseorang yang terserang jerawat. Kali ini saya akan membagi tips bagaimana caranya menghindari jerawat yang satu menjadi banyak, tips ini tentu berdasarkan pengalaman dan terbukti dan sama sekali bukan mitos.

1. Jaga selalu kebersihan wajah.

Langkah nomor satu ini adalah cikal bakal untuk semua langkah kesehatan, tak terkecuali untuk perawatan kulit wajah. Menjaga wajah agar selalu bersih akan menjadikan kulit terhindar dari serangan jerawat. Caranya adalah cuci wajah ketika wajah terasa kotor karena debu atau yang lalinnya. Tapi jangan terlalu sering mencuci wajah, karena akan menyebabkan kulit menjadi kering (bagi yang muslim wudhu lima kali sehari sudah cukup). Cara menghindari terlalu sering mencuci wajah adalah gunakan tisu pembersih wajah.

2. Jangan gunakan sabun pembersih apa pun.

Langkah kedua adalah ketika kita mendapati satu jerawat, jangan gunakan sabun pembersih apapun untuk menghilangkannya, biarkan ia menghilang dengan sendirinya secara alami. Menurut pengalaman saya, jika satu jerawat di bersihkan dengan sabun pembersih, justru akan memicu kemunculan jerawat lainnya.

3. Jangan pencet jerawat !

Langkah ketiga adalah jangan sekali-kali memencet jerawat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi pada kulit yang berjerawat. Dampaknya adalah permukaan kulit yang tumbuh jerawat akan meninggalkan flek hitam yang tentu sangat menganggu penampilan.

4. Jangan banyak makan makanan yang berminyak.

Langkah ke empat merupakan pantangan yang memang harus mendapat perhatian khusus. Karena pasalnya kita sangat sulit untuk mendapati makanan yang diolah tanpa minyak. Berdasarkan pengalaman, banyak mengkonsumsi makanan berminyak akan mempercepat produksi jerawat. Sehingga bijak-bijaklah dalam memilih makanan, bukan berarti tidak boleh, hanya saja di batasi porsinya.

5. Istirahat yang cukup.

Langkah selanjutnya adalah tips yang tidak kalah penting, yaitu istirahatlah dengan cukup. Terutama tidur di malam hari jangan suka begadang.

6. Hindari stres berat.

Tips selanjutnya adalah hindari tekanan stres berat. Stres dapat memicu tumbuhnya jerawat dan ini dibuktikan dengan pengalaman. Sehingga pintar-pintarlah menghibur diri agar tidak memikirkan sesuatunya secara menekan.

Demikian tips diatas, intinya adalah jaga kebersihan dan biarkan kulit sealami mungkin tanpa adanya sentuhan bahan kimia. Karena faktanya lawan jenis kita lebih senang dengan orang yang kulitnya terlihat alami di bandingkan dengan kulit yang tampak padanya sentuhan foundation atau bahan kimia lainnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar: