Tips guru di dalam menyelesaikan kasus peserta didik

Mendidik merupakan tugas utama bagi seorang pendidik. Dan sudah menjadi sebuah kewajiban bagi pendidik untuk bisa menyelesaikan setiap problem yang menimpa peserta didiknya. Disini perlu kecermatan seorang pendidik untuk mengetahui persoalan yang menjadi masalah bagi peserta didik yang berdampak buruk bagi sebuah sekolah. Berikut ini hal yang harus ditempuh oleh pendidik di dalam menyelesaikan permasalahan yang menimpa peserta didik:

1. Mencari akar permasalahan.

Hal ini merupakan pokok penting yang harus ditekankan oleh sebuah lembaga sekolah kepada staf pengajarnya. Dengan mengetahui akar permasalahan maka tahap penyelesaian masalah pun bisa dimulai dan direncanakan.

2. Musyawarah antar guru.

Sebagai seorang pendidik, sesama guru harus memiliki kerjasama yang kuat. Sehingga dengan kerjasama, permasalahan seberat apa pun akan terasa ringan jika di selesaikan bersama-sama. Hal ini di mulai dari koordinasi pimpinan sekolah kepada seluruh staf pengajar untuk membuat satu agenda wajib musyawarah dalam rangka menyelesaikan masalah peserta didik.

3. Adanya kerjasama yang kuat antara guru dan orang tua atau wali murid.

Setelah dilakukan musyawarah dan ditemukannya solusi, maka tahap yang selanjutnya yang tidak kalah penting adalah adanya komunikasi yang baik antara guru dan orang tua. Sehingga kedua belah pihak saling bisa memantau perkembangan anak, yaitu orang tua bisa memantau perkembangan anak di sekolah dengan bertanya kepada gurunya, dan seorang guru bisa memantau perkembangan anak di rumah dengan bertanya kepada orangtuanya.

4. Libatkan orang tua ketika anak mengalami kasus.

Poin ke empat adalah buah dari poin nomor 3. Setiap anak yang mempunyai kasus tidak boleh bagi seorang guru untuk menyelesaikan sendiri begitu saja tanpa melibatkan orang tua si murid. Dengan melibatkan orang tua murid, maka akan terjadi kerjasama yang baik di dalam menyelesaikan kasus yang dilakukan oleh si murid. Karena si murid akan merasa di bimbing tidak hanya di sekolah namun di rumahnya juga. Tanpa adanya komunikasi guru dan orang tua murid tentang kasus anak di sekolah, berdampak orang tua menganggap anaknya tidak bermasalah padahal malah sebaliknya.

Demikian 4 poin penting di atas, semoga memberi sedikit jalan keluar untuk pendidik pada umumnya dan kepada guru-guru di sekolah pada khususnya sehingga permasalahan yang menimpa peserta didik dapat di selesaikan.

0 komentar: